Basmi Komedo Dengan 5 Cara Ini

Siapapun yang punya komedo hitam di wajahnya pasti akan merasa kurang sreg saat ada di tempat umum. Komedo adalah kumulasi kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit, begitulah kira-kira menurut seorang dermatologis Amerika, Dr. Alicia Zalka. Bila kita tidak melakukan sesuatu untuk mengatasinya, maka komedo akan membuat wajah menjadi kusam karena pori-pori tersumbat. Faktor-faktor seperti hormon, genetik, perawatan kulit dan usia memiliki andil terbesar dalam timbulnya komedo ini. Tidak semua produk penghilang komedo bekerja dengan sempurna untuk menghilangkan komedo, jika ini terjadi, cobalah beberapa alternatif lain yang bisa anda jadikan rujukan. Satu hal yang harus diingat, jangan pernah memencet komedo dengan cara apapun, karena dapat menimbulkan infeksi yang nantinya memunculkan problem jaringan parut di kulit.
  1. Baking Soda Menurut Zalka, komedo dapat diatasi dengan mengurangi kemunculannya melalui pengelupasan kulit mati. Baking soda adalah medianya, dan hasilnya pun efektif. Dalam ilmu kedokteran dikenal sebuah teknik yang disebut teknik mikrodemabrasi yang digunakan untuk membuat kulit terkelupa, dan bahan aktifnya adalah Baking Soda. Komedo dapat ditekan kemunculannya dengan menggunakan baking soda secara berkala. Melakukannya cukup mudah, buat pasta yang terbuat dari campuran air dan baking soda lalu aduk. Oleskan pada kedua tangan lalu gosokkan ke wajah dan biarkan sampai kering lalu bersihkan dengan air. Selain dengan baking soda, anda pun bisa membersihkan pori-pori wajah menggunakan cuka apel. Cuka apel mampu menghilangkan komedo karena sifatnya yang anti bakteri dan memiliki sifat astringent.

  2. Masker Tanah Liat Selain cara di atas, ada cara lainnya yang lebih mudah. Cara ini menggunakan tanah liat karena menurut Seorang Dermatolog dari Union Square Laser Dermatology, Dr. Jennifer MacGregor, Tanah liat memiliki kandungan kaolin yang mampu mengangkat sel kulit mati. Pemakaiannya dengan dijadikan masker. Selain mengangkat sel kulit mati, tanah liat mampu mengurangi kelebihan minyak di kulit karena memiliki daya serap yang tinggi.

  3. Pore Strips Jika anda tidak mau ribet, di pasaran tersedia Pore Strips, plester pengangkat komedo. ”Banyak wanita merasa puas dengan hasilnya, sayangnya meskipun komedo telah terangkat dan struktur pori kembali mulus, komedo akan tetap kembali lagi. Kecuali jika anda melakukan perawatan wajah secara rutin dan menjaga kebersihan kulit,” tambah Zalka.

  4. Glycolic dan Asam Salisilat “Pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih sebetulnya dapat dipecah menggunakan asam salisilat atau beta-hydroxy acid,” kata MacGregor. Pembentukan komedo akan dicegah oleh glycolic dan Asam salisilat ini karena kemampuannya dalam memurnikan pori dan menyerap minyak. Baca label pada produk pembersih wajah, biasanya kedua bahan ini terdapat dalam produk-produk tersebut.

  5. Prosedur mikrodemabrasi bisa menjadi solusi anda jika anda ingin komedo hilang untuk waktu yang lama dan anda termasuk orang yang berkecukupan secara ekonomi. Dengan prosedur ini, bukan komedo saja yang akan hilang, kulit anda pun teksturnya akan kembali lebih mulus dan tampilannya lebih baik.

0 komentar :

Post a Comment