Kesehatan Kulit Sekitar Mata dan Perawatannya


Mata dan area kulit di sekitarnya adalah bagian tubuh yang paling sensitif. Di area ini sering timbul masalah-masalah seperti kerutan, garis-garis halus, dan lingkaran gelap di bawah mata. Merawat area sekitar mata tidaklah mudah karena area ini adalah area sensitif.
Beberapa hal yang menyebabkan area ini sangat sensitif disebabkan oleh beberapa hal berikut :

  1. Faktor genetik banyak menentukan sensitifitas area di sekitar mata, mungkin anda memiliki kulit yang sangat tipis di daerah mata anda sehingga lingkaran hitam atau pembuluh darah terlihat dengan jelas.
  2. Faktor Usia. Seiring bertambahnya usia, kulit akan cenderung lebih kering, terutama di area sekitar mata.
  3. Kurang tidur. Usahakan tidur 6-8 jam per hari agar mata anda selalu segar.
  4. Dehidrasi : kulit akan menjadi lebih rapuh dan kering bila tubuh kekurangan zat cair. Oleh karena itu minumlah air maksimal 8 gelas sehari.
  5. Ketidakseimbangan gizi.
    Kini anda tahu hal-hal yang menyebabkan kekeringan pada area sekitar mata yang membuatnya menjadi begitu sensitif dan rapuh. Berikut adalah cara-cara alami untuk merawat area sekitar mata dan kesehatannya :
    - Air mawar. Area seputar mata bisa dirawat dengan air mawar sampai lingkaran hitam di mata hilang. Caranya, celupkan kapas pada air mawar lalu oleskan secara halus pada area di bawah mata paling lama 5 menit. Lakukan hingga 3 minggu.
    - Teh celup. Gunakan teh celup sebagai kompres mata. Cukup celupkan pada air lalu kompreskan pada mata. Biarkan hingga 10/15 menit lalu bilas dengan air.
    - Campur minyak almond dengan madu.
    Tingkatkan kelembaban area sekitar mata dengan campuran minyak almond dan madu. Bahan ini efektif untuk menambah kelembaban di daerah mata sekaligus menghilangkan garis-garis halus.
    - Selain dengan bahan alami. Anda dapat menggunakan prosedur medis seperti suntik vitamin K pada kulit. Dengan suntik Vitamin K, kulit anda akan lebih lembut dan lebih halus dari sebelumnya, tekstur kulir anda pun akan lebih baik dan bintik-bintik cokelat di bawah mata akan hilang. Selain itu masalah lingkaran di mata dan mata bengkak akan sirna dengan segera.

0 komentar :

Post a Comment