Cara Aman Memilih Kosmetik


Kosmetik diperlukan oleh wanita yang selalu ingin tampil cantik pada setiap kesempatan. Tetapi sebaiknya anda berhati-hati saat memilih kosmetik yang aman karena salah-salah kosmetik yang anda pilih justru menimbulkan masalah kulit seperti flek hitam, kulit kering atau berminyak, iritasi, bahkan jerawat. Pilihlah kosmetik yang aman bagi kulit dengan memperhatikan beberapa tips berikut :

  1. Pastikan terlebih dulu apa jenis kulit anda. Sesuaikan pilihan kosmetik dengan jenis kulit anda. Misalnya pilihlah kosmetik yang bebas minyak (oil free) bila kulit wajah anda ternyata berminyak. Hal sama berlaku untuk jenis kulit sebaliknya.
  2. Bila anda berbelanja kosmetik di toko umum yang banyak memajang produk sampel, sebaiknya anda tidak mencobanya langsung. Mintalah pramuniaga toko untuk membersihkan produk sampel tersebut sebelum anda mencobanya. Dan setelah anda beli, dan mau mencobanya di rumah, cobalah dulu pada area tangan agar anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Bila anda mencobanya langsung, produk tersebut beresiko menularkan penyakit kulit orang lain pada kulit anda.
  3. Bila kulit anda sensitif dan lebih memilih produk berbahan kimia, pilihlah produk yang memiliki kandungan kimia yang telah teruji dan aman. Cobalah dulu pada area belakang leher dan lengan. Bila terjadi hal-hal seperti munculnya gatal-gatal, hentikan pemakaian produk tersebut.
  4. Hindarkan produk kosmetik dari sinar matahari langsung karena kosmetik itu akan menurun kualitasnya. Tutuplah kembali botol atau tempat kosmetik anda secara disiplin agar terhindar dari masuknya kuman/debu, dan kotoran.
  5. Selalu biasakan diri anda membersihkan alat kosmetik dengan mencucinya secara teratur sebelum anda gunakan kembali. Ini karena beberapa masalah kulit sering muncul karena alat itu tidak higienis.
  6. Perhatikan tanggal kadaluarsa kosmetik anda. Bila tanggal pakainya habis, lebih baik anda membuang kosmetik anda. Jangan menyimpan kosmetik melebihi 3 tahun karena pemakaiannya dapat menimbulkan iritasi kulit. Perhatikan, produk seperti eye shadow, mascara, dan bedak mampu bertahan hingga 2 tahun, sedangkan produk kosmetik berbentuk cair atau liquid mempunyai masa simpan yang lebih pendek.

Dengan tips di atas, anda harus lebih jeli lagi dalam memilih kosmetik aman agar anda selalu cantik dan sehat.

1 komentar :