Bahaya Merkuri Pada Produk Kosmetik


Merkuri adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam produk kosmetik modern. Kemampuannya dalam memutihkan kulit gelap membuat pemakaiannya diperluas dalam dunia kecantikan. Padahal masalah kulit seperti penuaan kulit dini, pigmentasi, dan iritasi kulit justru dipicu oleh pemakaian kosmetik ber-Merkuri.

Orang yang berkulit putih memiliki pigmen kulit yang lebih sedikit dibanding orang berkulit gelap oleh karena itu, produk kosmetik ber-merkuri dipakai untuk meningkatkan jumlah melanin atau (pigmen kulit) orang berkulit gelap. Itulah yang menyebabkan kulit kita menjadi lebih gelap saat terkena sinar matahari.

Dengan meningkatkan produksi melanin, kulit akan lebih kebal terhadap sinar matahari dan kanker kulit tidak akan muncul. Tetapi banyak wanita justru memilih produk kosmetik ber-merkuri untuk memutihkan kulit sehingga terjadi pengurangan jumlah melanin di dalam kulit. Tetapi, pemakaian kosmetik ber-merkuri justru lebih banyak menimbulkan masalah seperti penuaan kulit dini, pigmentasi, dan iritasi karena terjadi reaksi antara sinar ultraviolet dengan merkuri yang sebelumnya dioleskan.

Organ internal tubuh seperti hati (liver), ginjal, dan organ saraf banyak yang rusak permanen karena merkuri. Kosmetik ber-merkuri yang digunakan oleh ibu hamil beresiko membuat janin cacat lahir dan mengalami kerusakan otak.

0 komentar :

Post a Comment