Hidung Berminyak dan 5 Cara Mengatasinya


Hidung anda merupakan salah satu bagian yang paling sering mengeluarkan minyak di area wajah. Itu karena jenis kulit anda berminyak. Oleh karena itu, area ini lebih sering terlihat berkilau dari bagian lainnya di wajah anda.

Beberapa masalah akan timbul apabila hidung anda memiliki kandungan minyak yang terlalu tinggi. Persoalan yang timbul antara lain cepat lunturnya make-up sehingga penampilan wajah anda agak semrawut, selain itu jerawat dan komedo pun muncul dengan dengan cepat. Bisakah anda merasa percaya diri dengan penampilan seperti ini sepanjang hari? Tenang, ada tips untuk mengatasinya..

1. Jaga kebersihan kulit wajah


Area hidung dan dahi merupakan daerah T Zone di mana konsentrasi kelenjar minyak terbanyak terdapat di sini. Itulah sebabnya kerusakan paling ekstrim terjadi di area ini. Cara untuk mengatasinya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan area ini setiap waktu.

Anda harus menjaga agar pori-pori hidung anda tetap bersih. Alasannya karena kotoran dan penumpukan minyak banyak terkonsentrasi di pori-pori hidung. Penumpukan minyak dan kotoran di area ini bila dibiarkan terus-menerus akan menghasilkan reaksi dengan reaksi yang memicu timbulnya jerawat.

2. Jaga kelembaban kulit wajah dengan air bersih


Sangat penting agar anda menjaga kelembaban kulit wajah dengan mencuci wajah menggunakan air biasa (bukan air hangat/dingin). Minyak berlebih dan kotoran di wajah akan tergerus dengan air bersih. Produk pembersih wajah yang biasa anda gunakan pun tetap bisa anda gunakan asalkan pemakaiannya jangan berlebihan, cukup sehari dua kali saja. Menggunakan air untuk menjaga kelembaban dan kelenturan kulit wajah adalah cara yang terbaik.

3. Jus Lemon


Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari buah lemon. Di antaranya untuk kecantikan. Lemon memiliki zat tertentu yang berguna untuk membuang kadar minyak berlebih di wajah. Caranya, cukup ambil jus lemon kemudian teteskan di atas kapas atau cotton bud, setelah itu oleskan kurang lebih 2-3 kali per hari ke hidung.

4. Scrub Muka


Selain menggunakan lemon, problem kulit berminyak juga bisa diatasi dengan bahan alami lainnya yaitu almond dan madu. Resep ini adalah resep DIY alias rumahan. Caranya, ambil almond yang sudah dilembutkan lalu campur dengan beberapa sendok madu. Setelah itu aplikasikan ke bagian hidung sebagai scrub muka.

Bila anda ingin cara yang lebih praktis, tidak ada salahnya bila anda membeli saja produk scrub wajah ada di pasaran. Oleskan scrub ke wajah dengan hidung sebagai prioritas utama, setelah itu bersihkan dengan air. Untuk hasil yang memuaskan, Lakukan scrub muka ini 2-3 kali per minggu.

5. Cuka


Cuka memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya dengan produk kecantikan modern. Bila cuka kita gunakan, maka khasiat yang akan kita peroleh berupa kulit yang lebih bersih dan mulus karena cuka bekerja dengan menghambat masuknya kotoran ke dalam kulit sehingga terbentuknya jerawat dan komedo pun jadi terhambat. Caranya. Ambil cotton bud atau kapas lalu celupkan pada campuran cuka dan air, setelah itu oleskan ke hidung dan tunggu 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air dingin.




0 komentar :

Post a Comment