Jenis Kulit dan Pemilihan Moisturizer Yang Tepat


Untuk perawatan kulit wajah, moisturizer atau pelembab adalah elemen yang sangat diperlukan. Dalam aktivitas sehari-hari, kelembaban kulit bisa kita percayakan pada pelembab. Selain menjaga kelembaban kulit, pelembab juga membantu meminimalisir kerutan dan garis-garis halus di wajah.

Sebagian dari anda mungkin tidak begitu suka menggunakan pelembab karena efek yang dihasilkan seperti wajah menjadi mengkilap, atau karena pelembab itu sendiri memiliki tekstur yang terlalu berat. Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah pelembab sesuai dengan jenis kulit anda. Gunakan tips berikut ini untuk memilih tipe pelembab yang sesuai :

1. Untuk kulit berminyak


Jika kulit anda berminyak dan anda berpikir bahwa pelembab tidak lagi diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit maka bersiap-siaplah, anda keliru. Kulit wajah tetap memerlukan nutrisi tambahan yang diperoleh dari moisturizer. Untuk hal ini anda bisa mempercayakannya pada produk pelembab berlabel non-comedogenic karena cocok sekali untuk kulit yang berminyak.

Label non-comedogenic berarti bahwa produk tersebut bekerja mengurangi komedo dan jerawat karena pori-pori tidak tersumbat. Pelembab yang mudah diserap, bebas minyak dengan tekstur yang ringan adalah produk yang paling cocok anda gunakan.Gunakanlah produk dengan air sebagai bahan dasarnya karena tipe ini cocok sekali untuk kulit berminyak. Selain bekerja dengan menghaluskan kulit, produk ini pun membantu membuat komedo terkelupas.

2. Untuk Kulit Kering


Anda harus menggunakan pelembab apabila jenis kulit anda kering. Produk pelembab dengan label kaya akan minyak atau dalam bahasa inggris “oil based” harus anda pilih. Dibanding produk yang berbahan dasar air, jelas produk pelembab yang kaya akan minyak akan lebih tahan lama.

3. Untuk Kulit Sensitif


Bila kulit anda termasuk jenis kulit sensitif maka berhati-hatilah. Problem kulit seperti iritasi dan bercak merah sangat sering terjadi. Untuk jenis kulit sensitif, produk pelembab yang bebas pewarna, tak berbau dan bebas bahan kimia dengan formula yang lembut adalah pilihan yang tepat. Cari keterangan tentang kandungan di balik kemasan produk tersebut. Kemungkinan terjadinya iritasi kulit akan semakin besar apabila produk tersebut memiliki kandungan kimia yang banyak. Pilihlah produk dengan bahan dasar organic atau berbahan mineral.

4. Untuk Kulit di Usia 30 tahun ke atas


Penurunan kondisi kulit terjadi pada usia 30 tahunan ke atas. Beberapa problem kulit yang sering muncul diakibatkan oleh rendah dan melambatnya produksi kelenjar minyak sehingga terjadilah kekeringan kulit. Coba periksa dengan seksama, bila flek hitam dan garis halus banyak bermunculan di wajah, itu berarti kulit anda mengalami kekeringan. Untuk mengatasi problem ini, pilihlah produk pelembab yang mengandung anti aging dan berbasis minyak. Label ini mengindikasikan bahwa produk tersebut berkerja memperhalus kulit, menghilangkan kerutan, dan membuang garis halus.


0 komentar :

Post a Comment