Madu dan Bahan Alami Pelembab Kulit


Di samping rasanya yang manis, madu memiliki banyak faedah untuk kesehatan. Selain dikonsumsi, madu juga bermanfaat untuk perawatan kulit, yaitu sebagai pelembab alami. Itulah sebabnya berbagai produk lotion di pasaran banyak yang dicampur dengan madu.

Madu memiliki kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang sangat tinggi. Vitamin C yang terdapat dalam madu bermanfaat untuk mengatasi paparan sinar UV dengan memperbaharui kerusakan sel kulit. Lebih dari itu, Vitamin B5 yang dimiliki madu berperan dalam mencegah kulit kering dengan mengendalikan produksi minyak di kulit. Adapun antioksidannya mampu mengatasi mikroba dan bakteri yang ada di kulit.

Agar lebih mudah dipakai, jadikan madu sebagai masker wajah. Caranya sangat mudah, cukup olesi wajah anda dengan madu secukupnya. Tunggu beberapa saat hingga kering lalu bilas. Tetapi jika anda ingin hasil yang lebih maksimal, tambahkan bahan alami lainnya ke dalam madu dan kemudian gunakan sebagai masker.
  1. Apel
    Potong-potong apel yang sudah matang lalu haluskan. Campur dengan 4 sdt madu aduk hingga rata. Olesi area sekitar leher dan wajah dan tunggu hingga kering. Bilas dengan air.

  2. Pisang
    Selain enak, pisang bisa melembabkan kulit lho. Caranya, campurkan madu dengan pisang yang telah dihaluskan. Oleskan campuran ini ke leher dan wajah, tunggu sampai 10-15 menit lalu bilas sampai bersih.

  3. Alpukat
    Campur madu dengan alpukat yang sudah dihaluskan.  Lalu oleskan pada leher dan wajah, tunggu beberapa saat lalu bersihkan dengan air. Alpukat memiliki kandungan esensial alami yang mampu mengatasi kulit kering dengan melembabkan kulit. Dengan campuran ini, kulit akan terasa lebih kencang, sehat dan menarik.

  4. Oatmeal
    Campurkan madu dengan secangkir oatmeal yang telah direbus. Olesi leher dan wajah dengan campuran ini. Tunggu hingga 10-15 menit lalu bersihkan dengan air. 
Dengan campuran ini, kulit akan terlihat lebih bercahaya dan lebih tahan terhadap paparan sinar matahari.
  1. Minyak Almond
    Buat losion alami dengan campuran madu dan minyak almond. Oleskan ke leher dan wajah dan biarkan hingga kering lalu bersihkan dengan kain katun atau tisu basah hingga bersih.

  2. Jus Jeruk
    Campur 2 sdt jus jeruk dengan 2 sdt madu. Oleskan pada leher dan wajah yang telah dibersihkan terlebih dulu.  Dengan campuran ini, kulit akan menjadi lebih tegas warnanya, lebih halus dan lebih lembab. 
Semoga bermanfaat Ladies

0 komentar :

Post a Comment