Tips Praktis Cara Mudah Perawatan Kulit Wajah

Perawatan Kulit Wajah
Cara merawat kulit wajah ada 2 macam .
  1. Pembersihan yang di ikuti oleh penyegaran.
  2. Merawat kulit wajah dengan memakai bedak dingin.
Cara merawat kulit muka dengan penyegaran ialah : kalau akan tidur gosok-gosok kulit muka dengan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. atau yang lebih bagus lagi ketimun diparut dan dicampur dengan air. atau yang lebih bagus lagi, setelah ketimun di parut dan diberi air sedikit kemudian saringlah dengan kain yang tipis. Selanjutnya akan menghasilkan air ketimun, langkah seterusnya sapukan air ketimun tersebut ke muka dengan kapas hingga merata. Paginya setelah bangun tidur bersihkan dengan air dingin biasa.

Cara perawatan yang kedua adalah dengan memakai bedak dingin.
Resep dengan menggunakan dengan bedak dingin adalah :
  1. Tepung beras 1 gelas
  2. Tepung bengkoang 1 gelas
  3. Air wangi.
Cara membuatnya :
Bahan nomor 1 dan 2 dicampur menjadi satu. Kemudian dicampur dengan bahan no 3 sambil di gilas-gilas sampai lumat seperti membuat adonan kue, sekedar menjadi adonan yang pekat. Bedak tersebut dibuat bulat-bulat seperti telur cecak yang besarnya dibawah besar kelereng terus dijemur hingga kering .
Cara pemakaiannya ialah salah satu atau dua butir bedak dingin dicampur dengan sedikit air , terus disapukan pada kulit hingga merata. ini dilakukan kalau akan hendak tidur, setelah paginya kita cuci muka dengan air biasa.

Keterangan :
  1. Cara membuat tepung beras ialah beras dicuci yang bersih kemudian direndam dalam air dingin selama sehari semalam. Kalau sudah cukup sehari semalam merendamnya, lalu saringlah beras tersebut sambil di siram dengan air bersih berkali-kali. Yang terakhir beras tersebut dibuat tepung dengan gilingan tepung, terus di ayak dengan ayakan tepung yang sangat halus saja.
  2. Cara membuat tepung bengkoang ialah dari buah bengkoang yang merupakan umbi batang diparut diberi air sedikit kemudian sedikit diremas-remas dengan tangan, lalu disaring dengan kain tipis kemudian diperas. Endapan dari perasan tersebut disebut pati bengkoang atau tepung bengkoang.
  3. Cara membuat air wangi adalah : Misalnya kita sediakan air satu liter atau terserah sesuai keperluan. Kemudian kita sediakan daun pandan yang sudah di iris -iris lembut,bunga mawar,bunga melati,bunga kenanga kesemuanya kita ambil secukupnya saja. Irisan pandan dan bunga-bunga tersebut kita rendam dalam air dingin setengah hari saja. Kemudian kita saring dengan kain yang tipis. Air inilah yang dinamakan air wangi atau air harum.
Khasiat bedak dingin adalah :
  • Mencegah timbulnya ketuaan pada kulit wajah.
  • Mencegah timbulnya noda-noda hitam dan jerawat

0 komentar :

Post a Comment