Tips Cara Memijat Bayi Agar Tumbuh Lebih Sehat Dan Berkembang

Kegiatan memijat sangat dianjurkan pada bayi dan merupakan praktek yang telah ada sejak zaman kuno yang bermanfaat agar bayi tumbuh lebih sehat dan berkembang. Banyak peneliti medis mengatakan dan membuktikan bahwa pijat bayi sangat bermanfaat untuk bayi anda. Beberapa fakta mengatakan kalau bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selama sepuluh hari mampu menaikan berat badan bayi 50 persen. Manfaat dari cara pijat bayi yang benar adalah bisa merangsang syaraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan dan meningkatkan ketenangan emosional anak serta menyehatkan tubuh dan otot-otot. Berikut beberapa tips bagaimana cara memijat bayi anda agar tumbuh sehat :

    Memijat Bayi Agar Tumbuh Lebih Sehat Dan Berkembang
  1. Gunakan Baby Oil khusus untuk bayi dan perlahan mulailah memijat bayi Anda dengan gerakan secara melingkar, dimulai dari pangkal paha hingga kaki serta ujung dan telapak kaki secara bergantian.
  2. Setelah itu pijat perut bayi dengan gerakan mengayuh seperti sepeda dari atas hingga ke bawah perut, lalu ke bagian samping kanan dan kiri.
  3. Berikan pijatan yang membentuk kata "I LOVE YOU" (I – L terbalik dan U terbalik) pada bagian perut.
  4. Selanjutnya lakukan gerakan seperti sayap kupu-kupu, dimulai dari tangan kanan menyilang ke tengah dada/ulu hati menuju arah bahu kanan, begitupun sebaliknya.
  5. Miringkan tubuh bayi saat memijat bagian punggung. Usap perlahan dari atas punggung hingga ke bawah menuju arah pantat.
  6. Untuk bagian wajah, lakukan gerakan mengusap dahi dan alis dengan kedua ibu jari, dimulai dari tengah dahi di atas ujung mata menuju arah samping. Begitu pula pada area hidung dan mulut bagian atas.
  7. Seka tubuh bayi dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk.
Note: lakukan pijat bayi secara teratur setelah anda memandikan bayi anda.

0 komentar :

Post a Comment